Sebelum mengenal Framework Javascript sebaiknya kita mengenal arti umum dari Framework itu sendiri. Framework, jika diterjemahkan ke bahasa kita, bisa berarti “area kerja”, atau “lingkungan kerja”. Dalam bahasa susahnya, berarti sebuah area kerja yang sudah disediakan fungsi-fungsi yang kita tinggal menggunakannya. Jadi tidak perlu lagi membuatnya dari awal.
Analoginya, seperti kita menyewa sebuah kantor yang didalamnya sudah terdapat semua macam kebutuhan kantor seperti telepon, meja kerja, ruangan, dapur, dan lain-lain. Nah, Framework ini juga berarti sama. Sebuah framework sudah banyak menyediakan kegunaan-kegunaan yang dengan mudah kita gunakan.
Framework inilah yang kini menjadi trend di dunia pemrograman. Tidak hanya di Javascript, tapi juga di PHP. Dan pengertian Framework semua sama.

Jadi, Framework Javascript itu sendiri adalah sebuah tool yang di gunakan pada bahasa pemrograman javascript untuk mempermudah dalam penggunaannya.

Awal pengembangan Framework Javacript dimulai saat memasuki era Web 2.0, generasi kedua dari layanan berbasis web dimana lebih meniktikberatkan pada kolaborasi online, sharing content antar pengguna dan lebih terarah ke User Content Generated.

Nah, berdasarkan kebutuhan akan konsep dan paradigma baru dalam pengembangan aplikasi berbasis web tersebut maka dalam pengembangannya diperlukan suatu sistem alur kerja yang bisa memudahkan dalam menciptakan aplikasi berbasis web yang canggih dan interaktif. Salah satu yang sering digunakan para developer tersebut adalah JavaScript Framework/Libraries dimana didalamnya terdapat JavaScript yang telah ditulis sedemikian rupa dimana sangat membantu dalam pengembangan sebuah Aplikasi Web, terutama dalam pengembangan AJAX (Asynchronous JavaSript And XML). Sebuah teknik pemanggilan cepat tanpa melakukan reload terhadap suatu page.

Dengan JavaScript Libraries tersebut para programmer bisa dengan mudah mengimplementasikan paradigma WEB 2.0 yang baru seperti User interface yang dinamik dan sangat interaktif kepada usernya.

Berikut beberapa jenis Framework untuk Javascript :

1. jQuery: The Write Less, Do More, JavaScript Library

2. MooTools – a compact javascript framework

3. Prototype: Easy Ajax and DOM manipulation for dynamic web applications

4. Dojo Toolkit: great experiences for everyone

5. script.aculo.us: easy-to-use, cross-browser user interface JavaScript libraries

6. ExtJS: Cross-Browser Rich Internet Application Framework

7. UIZE: supporting widgets, AJAX, DOM, templates, and more

8. YUI Library: is proven, scalable, fast, and robust

9. Archetype

10. qooxdoo: the new era of web development